Pengukuhan Alumni PPSA XXI Sebagai Aggota Baru IKAL

admin - 06 Feb, 18
 

Tujuan pendidikan PPSA adalah memantapkan pimpinan tingkat nasional yang berkarakter negarawan, memiliki pengetahuan/wawasan strategis serta terampil dalam memecahkan masalah-masalah strategis pada lingkup nasional, regional dan global. 


Kegiatan Pendidikan Program Pendidikan Singkat Angkatan XXI Tahun 2017 Lemhannas RI dilaksanakan dalami dua tahap: 
1. Tahap pertama orientasi, off campus / e-learning dan outbound selama 5 minggu. 
2. Tahap kedua on campus selama 19 minggu. Jumlah peserta 81 orang terdiri dari: 

  1. Kementerian / LPNK : 11 orang 
  2. LSM : 2 orang 
  3. DPR RI : 1 orang 
  4. Komnas HAM : 1 orang 
  5. Kopertis : 6 orang 
  6. Organisasi masyarakat : 7 orang 
  7. Tokoh masyarakat : 4 orang 
  8. TNI : 38 orang
  9. POLRI : 11 orang 

Berdasarkan hasil sidang Dewan Penilai yang dipimpin oleh Gubernur Lemhannas RI pada tanggal 21 November 2017 telah memutuskan dan menetapkan bahwa 79 orang peserta PPSA XXI dinyatakan lulus dan menerima ijazah, 1 orang ditunda kelulusan selama 3 bulan dan 1 orang dinyatakan tidak lulus. 

Penekanan Gubernur Lemhannas pada sambutan Penutupan PPSA XXI 

Dengan bekal wawasan yang telah diberikan selama 5,5 bulan, Lemhannas RI menaruh harapan besar kepada seluruh alumnus PPSA XXI, bahwa saudara-saudari sekalian, mampu mengimplementasikan seluruh ilmu, pengetahuan dan wawasan yang diperoleh selama pendidikan melalui pemahaman dan cara berpikir holistik, komprehensif, integral dan sistemik yang saudara-saudari pelajari dan gunakan selama pendidikan akan menjadi pedoman dalam penyusunan berbagai kebijakan sesuai penugasan di lingkungan kerja masing-masing. 

Saya selaku gubernur Lemhannas RI memandang perlu untuk mengingatkan dan menekankan kembali beberapa hal penting kepada seluruh Alumnus PPSA Lemhannas RI Angkatan XXI. 
Pertama, sebagai pemimpin tingkat nasional dan alumni Lemhannas RI, saudara-saudari sekalian memiliki kewajiban moral untuk berperan sebagai ujung tombak dalam proses sosialisasi, internalisasi dan institusionalisasi paradigma nasional, di lingkungan kerja masing-masing dan kegiatan-kegiatan dimanapun saudara-saudara berada. 
Kedua, menjelang bergulirnya tahun politik, yakni pemilukada serentak tahun 2018 dan pilpres tahun 2019 saudara-saudari diharapkan tetap meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap perkembangan kondisi kehidupan nasional, tanggap terhadap perkembangan yang terjadi baik dalam skala nasional, regional dan global. 
Ketiga, para alumni PPSA XXI, yang merupakan pimpinan tingkat nasional, harus mampu menjadi teladan sekaligus menjadi katalisator pembangunan nasional yang memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang konsisten serta mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan kelompok dalam mendorong terwujudnya kesejahteraan masyarakat.  

Berita Populer